Hal-hal yang harus kamu ketahui
mengenai prilaku alamiah kucing
peliharaanmu.

Kucing mempunyai prilaku alamiah yang dipengaruhi oleh usia, kepribadian dan pengalaman masa lalu. Kucing sangat menyukai bermain, baik dengan manusia ataupun dengan mainan. Bermain dan menggerakkan tubuh sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik kucing. Walaupun mereka suka tidur sepanjang hari, mereka tetap membutuhkan waktu untuk menggerakkan tubuh mereka dan juga bermain

Oleh: drh. Mikeu Paujiah, Dipl.Montessor

Kucing yang dikurung lebih membutuhkan banyak waktu dan kesempatan untuk menggerakan tubuh dan bermain ketimbang kucing yang bebas. Kucing secara alami menyukai tidur, mereka suka tidur di tempat yang tinggi. Mereka mempunyai insting yang kuat mengenai tempat yang aman bagi diri mereka. Kucing menyukai memanjat, memberi tanda pada area mereka, kegiatan menggaruk.

Kucing juga mempunyai beberapa emosi yaitu bahagia, takut, marah dan cemas. Emosi kucing dapat terlihat melalui bahasatubuhnya, kapan mereka takut, bahagia, marah dan cemas, semua akan mudah terlihat, jika pemilik memperhatikan.

Jika kucing sedang cemas dan takut, kucing akan memasukkan ekornya ke paha bagian dalam danbersembunyi sepanjang waktu. Kucing akan terlihat lebih diam ketika sakit. Kucing akan terus mengeong ketika dia tidak suka dengan sesuatu hal dan merasa tidak nyaman.

Semuanya sangat mudah terlihat jika pemillik memperhatikan prilaku peliharaan mereka.

Jika kucing memperlihatkan prilaku yang berbeda dari biasanya, pemilik sebaiknya meminta nasihat ke dokter hewan atau trainer prilaku hewan.

Dengan memahami prilaku alamiah kucing pemilik dapat menyiapkan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Sumber : Code of practice for the welfare of Cats