Kesejahteraan Hewan Ternak Mempengaruhi Keamanan Pangan

Topik ini akan membahas tentang hubungan kesejahteraan hewan dengan keamanan pangan yang sering kita makan selama ini. Dalam hal ini kita bisa menyebutnya, kesejahteraan hewan ternak.

 

By: Drh.Mikeu Paujiah, Dipl.Montessori
Photo: poultryindonesia.com

Menurut ilmuwan, kesejahteraan hewan yang baik adalah hewan yang tinggal dalam lingkungan yang memberikan akses untuk bebas mengekspresikan perilaku alamiah, aman, bersih, nyaman, tidak sempit, mendapatkan makanan dan minuman sesuai kebutuhan, dapat bersosialisasi serta mendapatkan kebutuhan mental yang memadai.

Faktanya : 

Hewan yang terlibat dalam produksi pangan skala besar hidup dalam kondisi yang lebih mirip penjara dibandingkan peternakan. Untuk memangkas biaya dan memaksimalkan efisiensi, peternakan secara intensif mengurung hewan di kandang yang tidak sehat, mengambil jalan pintas yang berbahaya dalam pembuangan kotoran hewan, menyediakan pakan yang murah dan tidak sehat yang mengandung zat berbahaya, dan secara teratur memberikan antibiotik dan hormon pertumbuhan pada hewan. Kondisi di mana hewan dipelihara menimbulkan kekhawatiran serius bagi kesejahteraan hewan dan kesehatan manusia (Anastasia S. S, 2010).

Hewan yang hidup dalam kesejahteraan hewan yang rendah cenderung lebih mudah stres.

Lingkungan yang penuh sesak, sanitasi yang buruk, perlakuan hewan yang tidak manusiawi, penambahan berat badan secara paksa.

Peternakan yang padat dan kotor merupakan tempat berkembang biaknya bakteri, virus, dan jamur untuk tumbuh dan menyebar dari satu hewan ke hewan lainnya.

Kombinasi dari pengurungan yang intens, stres, gizi buruk, dan lingkungan peternakan membahayakan sistem imunitas hewan.

Menurut penelitian USDA Agricultural Research Service, “ketika ternak mengalami stres yang berlebihan, mereka mengalami perubahan fisiologis yang dapat meningkatkan peluang mereka tertular dan menyebarkan penyakit”.

Ketika seekor hewan sakit, kandang hewan yang berdekatan di peternakan akan memudahkan penyakit tersebut menyebar ke seluruh populasi hewan. Lebih jauh lagi, penyakit dapat ditularkan dari hewan ke manusia, menulari pekerja pertanian atau melalui udara atau air. Penyakit yang dapat ditularkan dari hewan yang berasal dari peternakan yang buruk adalah e.coli, resistensi antibiotik, sapi gila, dan kanker.

Sumber :

Anastasia S. Stathopoulos, You Are What Your Food Eats: How Regulation Of Factory Farm Conditions Could Improve Human Health And Animal Welfare Alike, New York University Journal of Legislation and Public Policy, 2010.

Lourenco Jeferson M., Broadway P. Rand, Callaway Todd R. Editorial: The Relationship of Animal Health and Management to Food Safety. Frontiers in Animal Science, Vol.3. 2022.
https://www.centerforfoodsafety.org/issues/307/animal-factories/animal-factories-and-animal-welfare

Artikel Terkait : 

Kesejahteraan Hewan Ternak : Produk Berkualitas, Konsumen Aman

Kesejahteraan Hewan Ternak : Produk Berkualitas, Konsumen Aman

Oleh : drh. Mikeu Paujiah dan Maryam SmeerSebagaimana manusia, hewan juga mempunyai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi. Jika semua kebutuhan dasarnya terpenuhi, maka hewan tersebut disebut sejahtera.Kesejahteraan hewan sebenarnya bukanlah hanya kebutuhan hewan saja....

Kognisi Anjing

Kognisi Anjing

Oleh: Isabelle-Angelina Schosser. Studi baru menunjukkan bahwa Anjing ternyata lebih kompleks dari yang kita duga. Apa artinya jika saya ingin mengadopsi seekor anjing?Anjing adalah salah satu hewan terpintar di planet ini. Selama ribuan tahun: temuan paling awal...

Lindungi Anabul Kesayangan: Tips Aman untuk Anjing dan Kucing saat Gempa Bumi

Lindungi Anabul Kesayangan: Tips Aman untuk Anjing dan Kucing saat Gempa Bumi

Gempa bumi besar yang terjadi belakangan ini di Jepang dan Taiwan menimbulkan banyak korban, tidak hanya dari manusia namun juga hewan peliharaan. Sebagai pemilik hewan peliharaan yang baik, kita perlu siap siaga melindungi mereka saat situasi darurat terjadi. Terlebih lagi, kita tinggal di Indonesia yang juga rawan dengan bencana gempa bumi karena berada di jalur pertemuan tiga lempeng tektonik aktif, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Ketika gempa melanda, anjing dan kucing yang ketakutan mungkin akan bereaksi secara naluriah dan bersembunyi atau berkeliaran di tempat yang berbahaya. Supaya anabul tetap aman ketika gempa melanda, yuk simak beberapa tips di bawah ini

KELETIHAN EMOSI

KELETIHAN EMOSI

Kita semua adalah penyayang hewan yang terlibat secara emosional dengan keadaan semua hewan yang ada di bawah perawatan kita. Kita bekerja keras sepanjang hari dan masih merasa usaha kita kurang maksimal. Kita perlu menyadari bahwa kita tidak mampu menyelamatkan semua hewan yang menderita di luar sana. Kita juga perlu memulihkan tenaga dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Membahas dan menceritakan mengenai berbagai hal sedih yang tekah kita alami. Menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dan perasaan kita akan membawa kebaikan untuk hewan-hewan yang kita rawat