Kucing Sehat =
Pola Makan Tepat

Kucing membutuhkan air minum yang bersih dan segar setiap saat. Kucing membutuhkan asupan pola makan yang seimbang untuk tetap bugar dan sehat, selain itu mereka membutuhkan makanan yang hanya dapat diperoleh dari produk berbasis daging Karena sejatinya kucing merupakan hewan karnivora sejati (Karnivora Obligat).

Kebutuhan makanan setiap individu berbeda dan bergantung pada banyak faktor, seperti usia, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya. Beberapa kucing memiliki kebutuhan asupan pola makan khusus, misalnya pada kucing hamil dan menyusui, kucing muda yang sedang tumbuh, kucing tua, dan kucing yang sakit.

Jika kucing makan lebih banyak makanan daripada yang mereka butuhkan, mereka akan menjadi kelebihan berat badan, menderita, dan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan penderitaan. Jika Anda memberi makan kucing Anda terlalu sedikit, mereka akan kehilangan berat badan dan dapat menjadi sakit.

Kucing umumnya lebih menyukai makan beberapa kali dalam sehari dengan porsi kecil. Indera pengecap menjadi sangat penting dan merupakan mekanisme hewan memilih pakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Penelitian Hewson-Hughes memberikan gambaran yang sangat jelas mengenai kebutuhan nutrisi kucing, khususnya protein, lemak dan karbohidrat. Dalam sehari seekor kucing membutuhkan sekitar 26 gram protein, 9 gram lemak dan 8 gram karbohidrat yang mana unsur tersebut setara dengan kebutuhan kalori sebanyak 52% dari protein, 36% dari lemak dan 12% dari karbohidrat. Beberapa penelitian juga menuturkan bahwa seekor kucing yang hidup di dalam rumah hanya menghabiskan sedikit energi. Kucing dengan berat badan ±3.5 kg, hanya memerlukan asupan normal sekitar 50 gram makanan kering per harinya.

Sumber:

Department for Environment Food and Rural Affairs. “Code of Practice for the Welfare of Cats.”
Code of Practice for the Welfare of Cats, 2017, p. 13.
H. Himawan, J. T. Informatika, and F. T. Industri, “Pengembangan alat pemberi makan ikan otomatis menggunakan arduino terintegrasi berbasis iot,” vol. 15, no. 02, pp. 87–98, 2018.
Ullrey, D. E. (2004). “Mammals: Carnivores”. Dalam Pond, Wilson. Encyclopedia of Animal Science. CRC Press. hlm. 591. ISBN 978082475496

Artikel Terkait: